Sabtu, 05 Maret 2011

Tata Tertib Kampus

A. Jelaskan tentang tata tertib kehidupan di Kampus yang berlaku umum untuk semua civitas academica ! Apakah aturan tata tertib memang diperlukan di lingkungan kampus? Jelaskan alasannya!

Jawab: Tata tertib kehidupan dikampus dibuat agar dapat mewujudkan budaya dan iklim kampus yang kondusif melalui penciptaan kedisiplinan belajar. Disiplin sebenarnya bukan hanya sekedar aturan yang harus ditaati untuk merubah perilaku siswa di kampus dan bukan sekedar sarana yang digunakan untuk mencapai tujuan, tetapi lebih dari itu untuk membentuk mental disiplin kepada siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menciptakan kondisi kampus yang dapat membuat semua personil kampus untuk taat dan patuh secara sadar untuk mengikuti tata tertib yang ada di kampus tersebut.


B. Jelaskan perilaku/sikap/ tindakan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh mahasiswa di kampus! Berikan minimal 10 contoh nyata yang saudara amati dan solusi yang saudara tawarkan!

Jawab:

a. Merokok di dalam koridor kampus

Solusi: Petugas Satpam atau Office Boy lebih sering keliling untuk mengawasi dan memperingati mahasiswa yang sedang merokok di dalam koridor kampus.

b. Membuang sampah sembarangan

Solusi: Pihak kampus harus lebih menggalakkan program menjaga kebersihan ini, contohnya dengan menempel display-display jagalah kebersihan dan buang sampah pada tempatnya. Serta menambah tempat sampah pada tiap sudut-sudut kampus yang sering didatangi mahasiswa.

c. Menitip Absen

Solusi: Para dosen mengabsen ulang ketika pelajaran sudah selesai

d. Bermain kartu

Solusi: Petugas Satpam lebih sering keliling untuk mengawasi dan memperingati mahasiswa yang sedang merokok di dalam koridor kampus. Jika sudah terlalu sering tertangkap satpam, sebaiknya mahasiswa tersebut diberikan hukuman.

e. Sering membolos

Solusi: Sebenarnya banyak alas an mengapa mahasiswa bias membolos kuliah, tapi salah satu alasan tersebut adalah dosen pengajar mengajar tidak membuat mahasiswa nyaman, sehingga mahasiswa tersebut menjadi malas untuk mengikuti mata kuliah dosen tersebut. Jadi seharusnya dosen mengajar dengan cara yang menarik dan tidak monoton.

f. Merusak Fasilitas kampus

Solusi: Diberikan sanksi apabila mahasiswa tertangkap tangan sedang merusak fasilitas kampus

g. Mengkonsumsi minuman keras di kampus

Solusi: Diberikan sanksi apabila mahasiswa tertangkap tangan sedang merusak fasilitas kampus

h. Tindakan Premanisme

Solusi: Diberikan sanksi apabila mahasiswa tertangkap tangan sedang merusak fasilitas kampus

i. Tindakan Senioritas

Solusi: Diberikan sanksi apabila mahasiswa tertangkap tangan sedang merusak fasilitas kampus

j. Mencoret ruangan kelas

Solusi: Diberikan sanksi apabila mahasiswa tertangkap tangan sedang merusak fasilitas kampus


C. Jelaskan perilaku/sikap/ tindakan yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa di kampus! Berikan minimal 10 contoh!

Jawab:

a. Membuang sampah pada tempatnya

b. Tidak menitip absen

c. Merokok pada tempat yang diperbolehkan untuk merokok

d. Tidak membuat kegaduhan di dalam kelas maupun di koridor

e. Tidak memakai narkoba di dalam kampus

f. Menghilangkan sikap Premanisme

g. Menghilangkan Senioritas

h. Menjaga kebersihan toilet

i. Tidak merusak fasilitas kampus

j. Menjaga keamanan dan ketertiban di kampus


D. Isilah checklist berikut dengan jujur!, jawablah dengan Ya atau tidak

NO

PERTANYAAN

YA

TIDAK

1

Saya selalu berpakaian yang pantas/ sesuai dan rapi setiap kali ke kampus

2

Saya selalu mengenakan sepatu setiap kali pergi ke kampus

3

Saya selalu datang tepat waktu ke ruangan kuliah

4

Saya merasa bersalah bila datang terlambat di kelas

5

Saya kadang-kadang ngobrol dengan teman pada saat dosen mengajar

6

Saya selalu membuat catatan kuliah

7

Saya menyapa dosen yang mengajar di kelas saya

8

Saya mengenal semua dosen yang mengajar saya

9

Saya membuang sampah selalu pada tempatnya

10

Saya mengingatkan teman yang membuang sampah sembarangan

11

Saya mengatur kembali bangku di kelas setelah kuliah selesai

12

Saya tidak merokok di dalam gedung/ ruangan

13

Saya di kampus pernah ditegur orang lain karena sikap/perilaku saya yang tidak patut

14

Saya pernah menegur mahasiswa lain yang melakukan tindakan tidak pantas di kampus

15

Saya tidak peduli dengan apa yang dilakukan oleh mahsiswa lain di kampus,

sepenuhnya adalah tanggungjawab mereka

16

Saya percaya pada kemampuan sendiri

17

Saya pernah nyontek pada saat ujian

18

Saya pernah melakukan plagiat terhadap karya orang lain

19

Saya memberikan kontribusi untuk perbaikan suasana akademik di lingkungan kampus

20

Saya lebih senang bekerja sendiri daripada kerja kelompok

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo